LAMPIRAN 5. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

KELAS VII

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati hakikat ketuhanan agama Buddha

 

  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menunjukkan empat sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari

2.2        Mengembangkan perilaku toleransi dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan pergaulan

 

  1. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadhamma

3.2        Mengidentifikasikan kitab suci, tempat ibadah, dan lambing-lambang dalam agama Buddha

3.3        Mengidentifikasi kriteria agama Buddha dan umat Buddha

 

  1. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Melaksanakan Pncasila Buddhis dan Pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari

4.2        Menceritakan peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna

4.3        Menceritakan alas an Buddha menyiarkan Dharma

4.4        Menceritakan perjalanan Buddha memutar Roda Dharma

 

KELAS: VIII

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menerima kisah tentang kebijaksanaan
  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Memaknai khotbah pertama Buddha

2.2        Memiliki sikap hormat dan peduli terhadap Dharmayatra

2.3        Menunjukkan perilaku tanggung jawab terhadap tempat-tempat Dharmayatra dan tempat-tempat suci agama Buddha lainnya

  1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Mendeskripsikan isi khotbah pertama Buddha

3.2        Menjelaskan tujuan dan manfaat melaksanakan Dharmayatra

 

  1. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Menceritakan riwayat para siswa utama Buddha

4.2        Menceritakan para pendukung Buddha

4.3        Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman Mataram Kuno, Sriwijaya, dan Majapahit

4.4        Menceritakan sejarah penyiaran agama Buddha pada zaman penjajahan dan kemerdekaan

KELAS: IX

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati diri sendiri
  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Memiliki perilaku santun dan peduli terhadap sahabat sejati

2.2        Menunjukkan kewajiban timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat

2.3        Mengembangkan perilaku disiplin dalam melakukan meditasi ketenangan batin

  1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk menegakkan Hak Asasi Manusia

3.2        Mengidentifikasi kesetaraan gender dalam agama Buddha

3.3        Mendeskripsikan peranan agama Buddha untuk memelihara perdamaian

  1. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Membiasakan budaya disiplin dalam kehidupan sehari-hari

4.2        Menceritakan peristiwa Buddha Parinibbana

4.3        Melatih meditasi ketenangan batin dalam kehidupan

 

 

 

sapalah kami dengan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s