RAJA HUTAN ( UTAN ) DAN ROKO JONTAL

Roko Jontal Khas Sumbawa

Roko Jontal Khas Sumbawa

Pohon Lontar ( Borassus flabellifer ) adalah sejenis palma (pinang-pinangan) yang tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pohon Lontar ini juga banyak tumbuh di Sumbawa. Masyarakat Sumbawa memamfaatkan nya untuk banyak keperluan dan salah satunya adalah dijadikan rokok khas Sumbawa ” Roko Jontal “. Hanya sayang masarakat Sumbawa sudah melupakan keberadaannya bahkan dibeberapa tempat pohon lontar ini sudah mulai punah.

Generasi Tau Samawa sekarangpun sudah lupa atau banyak yang tidak mengetahui bahwa dulu Lontar atau Jontal yang tumbuh di Sumbawa itu dibawa dari Sulawesi. Kapan itu terjadi…tepatnya ketika Mas Goa atau Raja Sumbawa terakhir dari Dinasti Dewa Awan Kuning yang di kudeta oleh sekelompok petinggi kerajaan Sumbawa dibantu kerajaan Goa Sulawesi Tahun 1673 M.

Mas Goa diturunkan dari tahtanya secara paksa dan diusir ke Ano Rawi tepatnya di wilayah Kecamatan Utan sekarang ( Brang Menini ) bersama JOA PERJAKA ( Yang setia padanya ). Mas Goa dituduh masih menganut paham Hindu ( animisme ) dan melanggar kesepakatan dengan kerajaan Goa, padahal sejujurnya beliau sudah memeluk Islam.

Mas Goa tidak mendendam. Ia jalani pembuangannya dengan pasrah dan ikhlas. Sebenarnya ia bisa melawan kehendak menteri-menterinya bahkan menangkapnya walaupun didukung sebuah kerajaan di Sulawesi.

Bersama ratusan pengikut dan bala tentaranya Mas Goa kemudian membangun pemukiman disekitar Brang Menini Utan sekaligus menjadi garis pertahanan dan perbatasan Kerajaan Hutan ( Utan ) dengan kerajaan Sumbawa.

Saat di Utan lah beberapa ulama dari Bajo, dan Selayar datang membantu Mas Goa mengajarkan Agama Islam kepada rakyat Utan sekalian membawa bibit pohon Lontar untuk ditanam di Utan. Para ulama itu juga mengajar masarakat bercocok tanam dan membangun saluran irigasi ‪#‎LAPAN_REA‬ yang hingga kini masih dimamfaatkan oleh masarakat setempat.

Mas Goa tidak terbukti melaksanakan paham animisme seperti yang dituduh kepadanya. Bahkan, Islam di wilayah Utan tumbuh pesat, begitu pula perekonomian masarakatnya berkembang sangat pesat. Dibawah kepemimpinan Mas Goa, Kerajaan Utan tidak saja dikenal di Nusantara tapi juga di negeri tetangga seperti Malaysia dan Philipina bahkan hingga Utan diperintah anak keturunan Mas Goa.

Anak cucu Mas Goa pulalah yang memperkenalkan ‪#‎ROKO_JONTAL‬ ( Rokok Khas Sumbawa ) kepada masarakat Utan sebagai pengganti candu yang dikonsumsi masarakat setempat sebelumnya.
Wallahua’lam.(AZM)