LAMPIRAN 4. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

KELAS: VII

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menerima konsepsi Avatara, Deva, dan Bhatara dalam kehidupan sehari-hari

1.2        Menerima ajaran Karmaphala Tattva

1.3        MenerimaMantram dan Sloka dalam veda sebagai penyelamat manusia

  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Memiliki disiplin dalam menghindari diri dari perilaku Sad Atatayi

2.2        Memiliki disiplindalam menghindari dari sifat-sifat Sapta Timira

  1. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Menjelaskan konsep Dewa Yajñā dan Bhuta Yajñā

3.2        Mengenal konsep ketuhanan dalam agama Hindu

3.3        Memahami yajna yang bersifat Sattvika, Rajasika, dan Tamasika

3.4        Mengelompokkan Veda dan batang tubuh Veda

3.5        Menerima Sad Atatayi sebagai perbuatan kejam  yang harus dijauhi

3.6        Menerima ajaran Sapta Timira penyebab kemabukan yang harus dihindari

3.7        Menyebutkan nama Rsi pengelompokkan Veda Sruti

  1. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Mengaplikasikan konsep Dewa Yajñā dan Bhuta Yajñā

4.2        Mendemontrasikan dampak Karma Baik

4.3        Mempraktikkan Mantram dan Sloka Veda dalam kehidupan sehari-hari

KELAS: VIII

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menanggapi Tri Guna sebagai tiga pilar yang mempengaruhi watak / karakter manusia

1.2        Menanggapi Panca Maha Bhuta sebagai unsur pembentuk tubuhmanusia

1.3        Menyenangi ajaran Nawa Vidha Bhakti

1.4        Menerima Atma sebagai pemberi hidup

1.5        Menerima Purana dan Itihasa sebagai dasar mengenal Veda

  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Memiliki sikap jujur, santun, disiplin dan peduli melalui ajaran Nava Vidha Bhakti

2.2        Memiliki sikap disiplin, santun, dan peduli melalui pelaksanaan Rsi Yajñā dan Pitra Yajñā

  1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Menjelaskan bagian –bagian Tri Guna

3.2        Menjelaskan Tri Doshadalam diri manusia

3.3        Menyebutkan sifat-sifat Atma

3.4        Menyebutkan Itihasa dan Purana dalam Veda

  1. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Menceritakan lahirnya Bhisma dalam Mahabharata

4.2        Menceritakan perkembangan agama Hindu di Asia Selatan

KELAS: IX

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1        Menghayati ajaran Panca Yama dan Panca Nyama Bratha

1.2        Menghayatiajaran Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā dalam kehidupan

1.3        Menghayati kemahakuasaan Sang Hyang Widhi melalui ajaran Asta Aiswarya

1.4        Menghayati ajaran Kepemimpinan dalam agama Hindu

  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1        Menghargai perilaku jujur, bertanggung jawab, dan santun dari Putra yang Suputra

2.2        Menghargaiperilaku jujur dan tanggungjawab seorang pemimpin

  1. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Memahami ajaran Dasa Mala

3.2        Menerangkan contoh konkrit tentang Dasa Mala

3.3        Memahami makna inisiasi (samskara) dalam jenjang kehidupan manusia

3.4        Menyebutkan contoh-contoh Nitya Yajñā dan Naimitika Yajñā

3.5        Memahami kitab Itihasa

3.6        Menunjukkan contoh-contoh Asta Aiswarya

  1. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1        Menalar ajaran Panca Yama dan Panca Nyama Bratha dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari

4.2        Mengurai Kanda-kanda dalam Ramayana dan Parwa-parwa Mahabharata dalam ulasan cerita

 

 

sapalah kami dengan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s