Surat Diplomatik (2) Raja Sumbawa Dewa Mas Gowa Untuk Gubernur Jenderal dan Dewan Hindia di Batavia Tertanggal 7 Mei 1676.

Oleh : Poetra Adi Soeryo

Surat Diplomatik (2) Raja Sumbawa Dewa Mas Gowa Untuk Gubernur Jenderal dan Dewan Hindia di Batavia Tertanggal 7 Mei 1676.

Tulisan digambar diisadur dalam bahasa belanda sebagai berikut:

Van den Radja van Sumbawa .

Dese brief is geschreven uyt een suyver en opregt hert door my , Conink van Sumbawa , genaamt Amet Goa , nevens myn hertelyke groetenisse aan den heer Gouverneur Generaal en alle de Raden van India , die Godt geluck , voorspoet en een lank leven wil verleenen op deser aarde .

Wyders naar dit , laat ik , Konink van Sumbawa , aan den heer Gouverneur Generaal ende de Raden van India weten en maake bekent , dat myne grooten myn verstooten hebben , naamentlyk Sangawarrouw , Mauar Sammadi , Nenegrapoe , om dal ick mynen gesant Nenemartani , nevens noch 2 grooten , naar Oedjongpandang gesonden hebbe om de vrede met de Compe te bevestigen , ‘ t gunt zy noyt aan myne voorouders hebben gedaan .

Voorts versoeke vergiffenisse aan den edelen heer Gouverneur Generaal en de Raden van India en dat se de grooten haar woorden en valsch voorgeven geen geloof willen geven , indien de Compº myn helpen wil , want ick my nergens meer aangelegen laate als aan de Compº ; en daarom hebbe ick myn gesant Nenemartani gesonden gehadt om myn verbont met de Compe te maaken uyt een suyver en opregt herte .

Ten tweeden , het lant van Sumbawa is voor desen den Conink van Macassar eygen geweest , maar nu hoort het de Compº toe want wy hebben geswooren en het critsen waater gedroncken tot een teecken van een opregt herte tot de Compº ; indien de Compº en de Gouverneur Generaal met de Raden van India my nu niet en helpen en herstellen , soo is ‘ t met myn gedaan .

Ten derden , ‘ t is waar , daar syn myn broeders , Amas Malin en Amas Atchin , maar ten past niet , dat die Coningen syn , want zy niet van ‘ t geslaght der Sabaauwse Koningen bennen , maar van Baly ; doch daar syn , die ‘ t voegen soude , namentlyk myn broeders soonen , genaamt Amas Mattaram en Amas Bantani , want se syn uyt het Koninklyk huys van Sumbawa van oude tyden her ; maar echter versoecke van d ’ E . Compe , dat ick eerst noch een jaar of twee Koninck syn magh en sal ick het ryk dan overgeven aan myn soon , die my goet dunckt met believen van de Compº .

Voorts versoecke ick aan de Compº , dat se my wederom in myn ryck helpt en ick sal dan doen al , wat se begeert ; dit is ‘ t verhaal van myn ongelucken en versoecke hulpe ; voorts hebbe niet meer te seggen , dan bidde Godt nacht en dagh voor den welstant van d ’ E . Compº , d ’ Ede heer Gouverneur Generaal en alle de heeren Raden van India .

Geschreven den 7den May anno 1676 .

(Arti Bebas Bahasa Indonesia, untuk lebih yakin silahkan alih bahasa sendiri)

Dari Radja Sumbawa.

Dengan ini saya, Raja Sumbawa Dewa Mas Gowa menyampaikan salam kepada Tuan Gubernur Jenderal dan Dewan Hindia. Untuk diketahui bahwa saya telah diusir dari Kerajaan saya oleh yang namanya Sangawarrouw, Mauar Sammadi dan Nenegrapoe, untuk itu pemgikut saya tang setia Nenemartani dab dua orang lainnya telah berangkat ke Ujungoandang untuk memastikan perdamaian dengan Compeni, utusan saya berharap agar terjaminnya keselamatan bagi tahta saya demi lestarinya trah nenek moyang saya.

Selain itu, saya menohonkan bantuan kepada Tuan Gubernur Jenderal dan Dewan India yang mulia, untuk tidak memberikan kepercayaan kepada para pejabat yang telah mengusir saya karena mereka penuh dengan kepalsuan. Saya mohon agar Kompeni berkenan membantu saya dan tidak meninggalkan saya sendiri dalam situasi yang menghawatirkan ini; dan itulah sebabnya saya telah mengirim utusan saya Nenemartani untuk membangun aliansi saya dengan Compeni dengan perasaan tulus ikhlas.

Kedua, bahwa pengganti Saya adalah hanyalah agen kaki tangan Makasar yang menentang Kompeni. Padahal saya dan Sumbawa telah menjadi milik Kompeni karena telah bersumpah dengan meminum air Critsen bahwa kami telah berjanji setia bersama Kompeni. Maka jika Kompeni (Perusahaan) dan Gubernur Jenderal dengan Dewan Hindia tidak membantu saya sekarang dan memulihkannya kembali tahta saya maka, itulah akhir saya.

Ketiga, memang benar, ada kesalahan saudara-saudaraku, Amas Malin dan Amas Atchin, tetapi tidak pantas bagi orang-orang itu menghukum mereka, karena mereka bukan dari Trah Sumbawa, mereka daru Trah Luar.

Tetapi di sana yang menghukumi saudara saudaraku disebut Amas Mattaram dan Amas Bantan, mereka memang telah membantu saya selama ini dalam kerajaan Sumbawa, akan tetapi audah dua tahun ini dia mengambil alih Tahta saya. Untuk itu demi hubungan baik saya dengan Kompeni saya minta mereka menyerahkan kembali Tahta Saya.

Saya mengacu pada Compeni, bahwa saya berjanji akan tetap menerima mereka berada dalam kerajaan dan kembali membantu saya dan saya akan melakukan apapun yang mereka inginkan; ini adalah kisah tentang pembantu saya selama ini yang tidak beruntung; semoga dengan ini tidak ada lagi pertentangan antara kami,

Saya senantiasa berdoa siang dan malam untuk kebaikan Kompeni, dan Tuan Gubernur Jenderal dan semua Tuan Tuan Dewan Hindia.

Ditulis pada 7 Mei 1676.