Penerimaan CPNS 2013 dikhususkan untuk Honorer, ditutup bagi Masyarakat Umum atau Pelamar Umum

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Tasdik Kinanto di Jakarta kemarin (28/8) mengatakan, kepastian soal kebijakan rekrutmen CPNS baru tahun depan memang belum diputuskan secara resmi.
“Tapi kemungkinan besar memang tidak ada alokasi CPNS baru untuk pelamar umum,” kata dia. Sebab, tahun depan Kemen PAN-RB berupaya mengentaskan tunggakan pengangkatan tenaga honorer Kategori II (K II) atau yang tidak digaji dari APBN atau APBD.

Tasdik mengatakan jika jumlah tenaga honorer K II ini lumayan besar. Yaitu mencapai 600 ribu orang. Jika tidak segera diangkat, mereka akan terus menagih dan membuat pemerintah pusat tidak bisa bekerja untuk urusan lainnya. “Jadi mereka kita prioritaskan dulu,” kata dia.
Sistem pengangkatan tenaga honorer K II ini berbeda dengan pengankatan tenaga honorer Kategori I (digaji APBN atau APBD). Seperti diketahui, akhir tahun ini tenaga honorer K I akan diangkat langsung tanpa tes. Sedangkan untuk pengangkatan tenaga honorer K II wajib dilakukan dengan tes tulis. Tasdik mengatakan, tes tulis ini mirip dengan tes CPNS baru pelamar umum yang akan dijalankan 8 September mendatang.
Tasdik menjelaskan, dalam tes tulis nanti tidak semua tenaga honorer K II ini diangkat menjadi CPNS. Tetapi jumlah tenaga honorer K II yang diangkat nantinya disesuaikan dengan kukuatan APBN 2013 yang akan disahkan beberapa bulan lagi. Tasdik belum bisa mengatakan secara pasti jumlah tenaga honorer K II yang akan diangkat menjadi CPNS tahun depan.
Secara teknis pembuatan soal untuk seleksi ini, dia mengatakan tetap digarap oleh konsorsium 10 PTN yang diketuai UGM. Standar kesulitan soal masih disembunyikan oleh tim dari konsorsium ini. “Intinya jika belajar dengan sungguh-sungguh, insyallah bisa mengerjakan soal,” ucap Tasdik.
Tasdik menegaskan, tidak adanya kuota CPNS baru dari pelamar umum bukan berarti masa moratorium rekrutmen CPNS baru diperpanjang. Seperti sudah ditetapkan, masa moratorium CPNS baru akan berakhir akhir tahun ini. Sehingga pada 2013 seluruh instansi pusat dan daerah berhak meminta kuota CPNS baru.
“Tetapi itu tadi, prioritas kami adalah mengangkat tenaga honorer K II dulu,” ucap dia. Perhitungan dari Kemen PAN-RB, lowongnya kursi PNS yang ditinggal pegawainya pension, bisa ditambal dengan rekrutmen CPNS baru dari gelombang tenaga honorer K II itu.

Sumber :
PPCI: Penerimaan CPNS 2013 dikhususkan untuk Honorer, ditutup bagi Masyarakat Umum atau Pelamar Umum 

Pos ini dipublikasikan di ditutup bagi Masyarakat Umum atau Pelamar Umum dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Penerimaan CPNS 2013 dikhususkan untuk Honorer, ditutup bagi Masyarakat Umum atau Pelamar Umum

  1. sukarti berkata:

    tenaga honorernya banyak jurusan yang tidak sesuai dengan pekerjaannya… misalnya lulus jurusan D2 PAI tapi jadi wali kelas di SD…. yang jurusan PGSD dikemakan??? hah??? seharusnya mereka dikelompokkan sesuai dengan jurusan keahliannya!!! bukan begitu???

  2. M.Zainuri berkata:

    Wah bagi yang ikut kuliah tetapi tidak bisa daftar PNS gimana donk, harusnya dikasih kesempatan juga jangan yang hanya honorer, semua warga negara juga berhak mendapatkan kesempatan mengabdi ke Negara , terus @Sukarti ; benar tu kalu bisa kita usulkan jabatan sesuai dengan golongan yang serasi jadi tidak tumpang tindih ….:
    Contoh : Guru SMP di SD & Guru SD di SMP jadi dimana harga diri Ijazah kita…

sapalah kami dengan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s