Bulan Purnama Biru pada 31 Agustus 2012

Bulan Agustus membawa kita tidak satu bulan, tapi dua bulan penuh. Yang pertama akan dimulai bulan pada Rabu (Aug.1), dan akan diikuti oleh kedua pada 31 Agustus.
Beberapa almanak dan kalender menegaskan bahwa ketika dua bulan purnama terjadi dalam satu bulan kalender, bulan purnama kedua disebut “bulan biru.”
Bulan purnama malam itu mungkin akan terlihat tidak berbeda daripada bulan purnama lainnya. Tapi bulan dapat mengubah warna dalam kondisi tertentu.
Setelah kebakaran hutan atau letusan gunung berapi, bulan dapat muncul untuk mengambil rona kebiruan atau bahkan lavender. Jelaga dan partikel abu, disimpan tinggi di atmosfer bumi, kadang-kadang bisa membuat bulan tampak kebiruan. Asap dari kebakaran hutan kegiatan luas di bagian barat Kanada menciptakan bulan biru di bagian timur Amerika Utara pada akhir September 1950. Sebagai buntut dari letusan dahsyat Gunung Pinatubo di Filipina pada bulan Juni 1991 ada laporan dari bulan biru (dan bahkan matahari biru) di seluruh dunia.

Asal dari istilah Blue moon

Ungkapan “sekali dalam bulan biru” pertama kali dicatat pada tahun 1824 dan mengacu pada kejadian yang jarang terjadi, meskipun tidak benar-benar langka. Namun, untuk memiliki dua bulan purnama di bulan yang sama tidak seperti biasa sebagai salah satu mungkin berpikir. Bahkan, hal itu terjadi, rata-rata, setiap tahun 2,66. Dan pada tahun 1999, itu terjadi dua kali dalam rentang waktu hanya tiga bulan.

Fenomena unik bernama Bulan Biru bisa disaksikan pada akhir pekan ini, tepatnya 31 Agustus 2012 malam. Seperti pengamatan Bulan biasa, fenomena ini bisa dilihat dengan mata telanjang.

(KOMPAS.com )Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club (JAC) Selasa (28/8/2012) mengatakan, “Bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan kali ini dikenal sebagai Blue Moon adalah sebuah kejadian yang termasuk langka.”

Langkanya fenomena tersebut melatarbelakangi munculnya ungkapan “once in a blue moon“. Dalam arti sebenarnya, fenomena Bulan Biru muncul setiap 3 tahunan. Ini disebabkan oleh lunasi Bulan yang lamanya 29,5 hari sementara satu bulan dalam kalender masehi ada yang 31 hari.

Pada Jumat nanti, purnama kedua atau Bulan Biru akan bisa disaksikan mulai pukul 20.59 WIB. “Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di langit timur sekitar pukul 21.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang,” jelas Mutoha.(KOMPAS.com)

Menurut Mutoha, saat purnama merupakan saat yang tepat untuk mengamati permukaan Bulan. Pasalnya, pada saat itu seluruh permukaan Bulan yang menghadap ke Bumi disinari oleh Matahari. Pola gambar yang ada di permukaan Bulan bisa dilihat dengan mata telanjang.(KOMPAS.com)

“Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus,” papar Mutoha. Mana yang benar, setiap orang bisa menilaianya lewat pengamatan.

Meski fenomenanya bernama Bulan Biru, tak berarti saat itu Bulan berwarna biru. Bulan Biru di sini hanyalah kiasan untuk menggambarkan jarangnya kejadian itu. Istilah Bulan biru sendiri muncul karena sejarah dimana saat purnama kedua terjadi, ada kebakaran yang menghasilkan asap sehingga Bulan saat itu berwarna biru.

Mau mengamatai Bulan Biru? Keluarlah pada Jumat malam dan cari lokasi yang tepat. Siapa tahu, Bulan nanti akan berwarna biru karena suatu sebab, mewujudkan fantasi tentang Bulan berwarna biru.

Bulan yang nyata berwarna biru pernah terjadi sebelumnya. Saat Gerhana Bulan tanggal 9 Desember 1992 misalnya, bulan berwarna kebiruan akibat pengaruh letusan Gunung Pinatubo. Bulan saat gerhana yang berwarna biru juga teramati dari Gombong pada gerhana tanggal 10 Desember 2011 lalu.(KOMPAS.com)

Pos ini dipublikasikan di Bulan Purnama Biru pada 31 Agustus 2012 dan tag . Tandai permalink.

sapalah kami dengan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s