HIKMAH RAMADHAN HARI KETIGA

 

Ayat-ol-korsi آية الكرسي آيه الكرسي

Ayat-ol-korsi آية الكرسي آيه الكرسي (Photo credit: Wikipedia)

 

Oleh : Iksan Aw

 

Assalamualaikum
Kembali ada hikmah kecil yang InsyaALLAH bisa dipetik dari puasa ini.

Sudah bukan rahasia lagi, semua muslim dan muslimah akan berlomba-lomba untuk meng-khatamkan bacaan Alqur’an nya di bulan suci ini, ada yang berniat khatam satu kali, ada yang dua kali, dan masih banyak lagi. Karena memang sungguh istimewa bulan ini semua kebaikan mendapat ganjaran yang berlipat ganda.

Mengenai membaca Al-qur’an

Allah telah menjamin bagi siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya tidak akan tersesat di dunia dan tidak celaka di akhirat, dengan firmanNya ”Maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. ” (QS: Thaha:123)

Sungguh sangat jelas terucap dari ayat diatas, mempelajari dan mengamalkan isi dan kandungan Alqur’an akan membawa keselamatan bagi kita. Maka memang sudah seharusnya kita semua tak ada keraguan untuk mempelajari dan mengamalkannya.
Di bulan suci ini ada suatu kelebihan, yaitu dilipat gandakannya pahala membaca Alqur’an.
Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu ‘anhu, katanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
”Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf. ” (HR. At-Tirmidzi, katanya: hadits hasan shahih)

Nah, berapa huruf yang sudah kalian semua baca kemudian dikalikan dengan pahala yang dilipat gandakan oleh Allah jadinya akan seperti apa???

Biasanya di bulan suci ini, banyak kelompok-kelompok tadarus yang dibuat di masjid-masjid, tua muda semua berkumpul untuk membaca dan mermpelajari ayat-ayat al-qur’an. Walaupun tak ada larangan bagi kalian semua jika mengkaji ayat-ayat alqur’an sendiri dirumah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah seraya membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali turunlah ketenangan atas mereka, serta mereka diliputi rahmat, dikerumuni para malaikat dan disebut-sebut oleh Allah kepada para malaikat di hadapan-Nya. ” (HR. Muslim)

Nah, diatas ada hadist yang InsyaALLAH shahih, yang mungkin bisa memberikan motivasi kepada saudara semua untuk berangkat tadarus bersama.

Tadarus terus, melingkar indah bersama saudara seiman satu langkah indah bersama menuju SurgaNya kelak, Amiiin Ya Robb

Assalamualaikum

3 Ramadhan 1432 H
SKI FSSR UNS

 

Sumber : Agrotamase

 

Pos ini dipublikasikan di TAUSYIAH RAMADHAN dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

sapalah kami dengan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s