CONTOH LAPORAN PTK IPA FISIKA

ABSTRAK

.”Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Pendekatan Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Multi Model di Kelas IX SMP Pada Pokok Bahasan Hukum Kirchoff” 

Kata kumci: Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran CTL Multi Model

          Berdasarkan pada hasil refleksi awal, maka peneliti berusaha menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi yang mengarah pada student oriented. Metode pembelajaran seperti yang disampaikan diatas bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif, dimana semua siswa kan terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Hal ini bertolak dari hasil refleksi tahun-tahun sebelumnya, dimana karena keterbatasan jumlah alat, dan penghematan waktu, materi-meteri tentang listrik hanya disampaikan dengan cara demonstrasi saja. Sehingga tidak seluruh siswa dapat terlibat dalam proses pembelajaran terutama mengoperasikan  dalah percobaan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah, yaitu untuk materi yang sama pada tahun pelajaran …………. jumlah siswa yang tuntas tanpa remidi denga SKM 70 hanya 43,28%. Hal ini mungkin disebabkan karena belajar siswa yang kurang bermakna, karena tidan semua siswa terlibat melakukan kegiatan percobaan, dan sebagian besar siswa hanya sebagai penonton saja. Oleh kerena itu, dengan arapan agar belajar siswa lebih bermakna, maka strategi penbelajaran harus penenliti ubah, yakni dibuat strategi pembelajaran yang dapat melibatkan seluruh siswa, sehingga mereka semua dapat memaknai apa yang sedang siswa pelajari, yang diharapkan dapat terekam kuat didalam pikiran dan ingatannya, yang hasilnya akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Pendekatan CTL Multi Model, adalah gabungan ketiga model pembelajaran dalam CTL, yaitu pemodelan atau Direct Informastion (DI), Cooperative Learning (CL), dan Problem Based Instruction (PBI), dimana selain guru memberikan pemodelan bagaimana cara merangkai alat listrik, dalam proses pembelajarannya siswa dibagi dalam kelompok-kelompok, guru juga memberikan masalah-masalah yang berkaitan dengan konteks kehidupan seharihari, yang harus dipecahkan berkaitan dengan materi yang sedang diperlajarinya. Dari sini diharapkan muncul ide-ide dan kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah, siswa juga terampil melakukan kegiatan eksperimen, sehingga timbul rasa percaya diri untuk berpendapat, yag diharapkan akan menjadi sikap siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehari-hari. Pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar mereka.

Dari data  hasil penelitiasn di dapatkan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata pretes 55,69 menjadi 73,7 dan tuntas tanpa remidi 80% pada siklus I, dan 81,55 dan siswa tuntas tanpa remidi 90% pada siklus II, padahal peneliti menetapkan penelitiandianggap berhasil jika 70 % siswa tuntas tanpa remidi. Sehingga disimpulkan bahwa Pendekatan pembelajaran CTL Muliti Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

ABSTRAK

Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Fisika Realistik pada SMP . . . .

Kata kumci : Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Realistik Fisika

          Penelitian tindakan kelas (PTK) ini merupakan studi tentang pembelajaran dengan pendekatan realistik di luar kelas dalam peningkatan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran seperti yang disampaikan diatas bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif, dimana semua siswa kan terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Hal ini bertolak dari hasil refleksi tahun-tahun sebelumnya, dimana karena keterbatasan jumlah alat, dan penghematan waktu, materi-meteri tentang liatrik hanya disampaikan dengan cara demonstrasi saja. Sehingga tidak seluruh siswa dapat terlibat dalam proses pembelajaran terutama mengoperasikan  dalah percobaan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah, yaitu untuk materi yang sama pada tahun pelajaran ………….. jumlah siswa yang tuntas tanpa remidi denga SKM 60 hanya 45,00%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran realistik dapat meningkatkan hasil belajar fisika?. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran fisika realistik di luar kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran realistik dapat meningkatkanh hasil belajar siswa berdasarkan aspek kognitif dan psikomotorik. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX  yang berjumlah 46 siswa pada pokok bahasan Hukum Khircoff. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan angket.

Pendekatan pembelajaran realistik fisika adalah teori pembelajaran yang berdasarkan pada hal-hal real bagi siswa yang menekankan pada keterampilan kegiatan fisika, berdiskusi dan berkolaborasi, berorganisasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri dan akhirnya dapat menggunakan fisika itu untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari baik secara individu maupun kelompok. Dengan pendekatan pembelajaran ini selain guru memberikan pemodelan bagaimana cara merangkai alat listrik, dalam proses pembelajarannya siswa dibagi dalam kelompok-kelompok, guru juga memberikan masalah-masalah yang berkaitan dengan konteks kehidupan sehari-hari, yang harus dipecahkan berkaitan dengan materi yang sedang diperlajarinya. Hal ini diharapkan muncul ide-ide dan kreatifitas siswa dalam memecahkan masalah, siswa juga terampil melakukan kegiatan eksperimen, sehingga timbul rasa percaya diri untuk berpendapat, yang diharapkan akan meningkatkan hasil belajar mereka.

Dari data  hasil penelitian diperoleh bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata pre tes 60,00 menjadi 75,00 dan tuntas tanpa remidi 85% pada siklus I, dan siswa tuntas tanpa remidi 90% pada siklus II, padahal peneliti menetapkan penelitian dianggap berhasil jika 70% siswa tuntas tanpa remidi. Sehingga disimpulkan bahwa Pendekatan pembelajaran realistik fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Click disiniUntuk Download
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s