MENGAPLIKASIKAN POWERPOINT MELALUI Ms.WORD 2007 DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMPN 1 UTAN

Seorang Tokoh pendidikan, Edgar Dale Berpendapat, Komunikasi antar person lebih menarik dan efektif jika dikemas dalam bentuk visual, gambar maupuin audiovisual. Melalui komunikasi visual ini semua obyek yang jauh menjadi lebih dekat, obyek yanmg abstrak akan menjadi lebih kongkrit, obyek yang luas akan menjadi lebih sempit. Kongklusinya, gambar mampu memberikan symbol visual dari suatu obyek.

Prinsip Dale ini sangat baik dimanfaatkan untuk komunikasi pendidikan, khususnya di SMP Negeri 1 Utan dimana sarana pembelajaran sudah mengarah kepada penggunaan IT sebagai media pembelajaran dalam membantu menemukan kemudahan belajar, diantaranya membuat prensentasi komunikasi antara lain dapat memanfaatkan jasa computer untuk membuat Media pembelajaran melalui Ms. office power point.

Dalam tulisan ini Penulis akan memperkenalkan melalui tampilan Ms. Office 2007. Langkah awal adalah mengarahkan kursor klik ke Star menu kemudian klik All Program lalu klik Ms.Office Power Point, maka kita akan menemukan tampilan Ms.Power Point Presentation.Diatas tampilan tersedia menu Home,insert,design,Animations,SlideShow,review dan View.

Apabila anda ingin Menambah slide baru anda cukup mengklik Newslide pada Home, saat anda mengetik teks pada slide anda dapat memilih model font,nomor font serta anda bisa memberikan warna pada font sesuai yang disukai seperti layaknya kita mengetik teks pada Ms. Word .

Pada Menu Insert terdapat Table yaitu untuk membuat table, Picture untuk memasukkan gambar yang tersedia di file anda, Clif art adalah gambar yang tersedia dalam bawaan computer anda, sedangkan untuk memasukkan foto anda dapat membuka album foto pada file foto yang anda simpan.

Untuk memudahkan anda mendesign anda dapat memilih design jadi yang ada pada tampilan Design sekaligus dengan backgrounnya. Untuk memulai Design anda maka pilihlah Costum Animasi pada Animation,maka tampilannya akan Nampak disebelah kanan sehingga anda dapat dengan mudah mengatur effect animasi,timing,sound dan Repeatasinya cukup anda klik kanan pada Modifikasi effek, tetapi apabila ada yang ingin dirubah design anda dapat mengklik Remove. Untuk mencoba Slide yang sudah jadi anda buat maka anda bisa mengklik slideshow atau play pada Modify effect. Apabila slide sudah jadi anda dapat memilih add effect lalu untuk memulainya anda menentukan Star dengan onclik,withprevious atau after previous. Direction effect fungsinya untuk memunculkan teks apabila teks kita munculkan dari dalam maka kita pilih Direction In atau sebaliknya maka pilih Directon Out. Lalu untuk kecepatan effect anda dapat memilih pada Speed : Very Slow, Slow,Medium,Fast atau Very Fast.

Nah , cara – cara tersebut adalah gambaran singkat tentang bagaimana mengaplikasi Powerpoint pada office 2007 yang sangat berbeda dengan office 2003. Untuk lebih memudahkan anda, lebih baik anda mencobanya secara langsung sambil memperhatikan penjelasan singkat diatas walaupun penjelasan tersebut masih belum cukup, tapi penulis yakin anda akan menemukan secara detail setelah anda melakukan ekplorasi sesuai dengan kemampuan anda. Better Tray Than Never (lebih baik mencoba daripada tidak pernah). (Ihin Solihin)

Tulisan ini dipublikasikan di KUMPULAN ARTIKEL dan tag . Tandai permalink.

9 Balasan ke MENGAPLIKASIKAN POWERPOINT MELALUI Ms.WORD 2007 DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMPN 1 UTAN

  1. sukiman. k berkata:

    seandainya semua guru sumbawa memiliki potensi seperti pamanda maka dunia pendidikan sumbawa akan maju dan mampu bersaing…

    informasi :

    http://jaringanpasamada.wordpress.com/

  2. elsa berkata:

    jka smua mmpnyai pmikirn sprti itu
    sy ykn smua orng mmpu brsaing

  3. may berkata:

    haddduhhhh ,,

    gak ngtri pwerpoint ,,,

    AJARIN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. ihinsolihin berkata:

    boleh lah may…ntar ke rumah ya….heheeee

  5. Fatmi berkata:

    Bagaimana cara membuat gambar pada power point tersbut yg telah kita taruh dapat bergerak sehingga memudahkan kita mengajar…..trims…

    • Ihinsolihin berkata:

      cara menginsert gambar pada ppt ngga ada beda dengan ms.word hanya saja pada ppt punya animasi…untuk mensetting animasi pilihlah Costum Animasi pada Animation,maka tampilannya akan Nampak disebelah kanan sehingga anda dapat dengan mudah mengatur effect animasi,timing,sound dan Repeatasinya cukup anda klik kanan pada Modifikasi effek, tetapi apabila ada yang ingin dirubah design anda dapat mengklik Remove

  6. ayirudiat berkata:

    Ihin Solihin aslinya darimana? kenal ngak dengan kang solihin GP, kayanya bapanya yaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s